Cari Blog Ini

Sabtu, 30 Oktober 2010

LKTIN (Lomba Karya Tulis Nasional) 2010 Berhadiah Total 50 Juta Rupiah!

LKTIN (Lomba Karya Tulis Nasional) 2010 Berhadiah Total 50 Juta Rupiah!


Jakarta Water Front City Research Centre (JWFC-RC) adalah pionir pembentukan riset kelas dunia dari Universitas Indonesia untuk mendukung Jakarta sebagai kota bercirikan pantai dimana Jakarta tidak hanya mampu mendukung ilklim investasi dan pergerakan ekonomi melalui pengembangan kota yang terintegrasi, namun juga Jakarta sebagai konservasi budaya dan khususnya lingkungan.

Oleh sebab itu, Jakarta Water Front City Research Centre (JWFC-RC) bekerjasama dengan GARUDA Youth Community (GYC) kini resmi membuka sebuah kesempatan emas bagi seluruh mahasiswa/i se-Indonesia tingkat D3-S1 dari berbagai jurusan dan universitas untuk mengikuti:

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) NASIONAL 2010
dengan tema:
“Pengembangan Jakarta sebagai Water Front City Berwawasan Lingkungan”

10 Finalis akan dipilih untuk kemudian mengikuti rangkaian tur ekskursi gratis selama 3 hari 2 malam di Jakarta dan turut mengikuti acara bersepeda bersama keliling Jakarta bersama tokoh masyarakat, GREEN FUN BIKE yang akan digelar sebagai puncak acara.

3 pemenang utama masing-masing berkesempatan mendapatkan:

Juara I : Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) + Trophy Pemenang + Sertifikat + Tur 3 Hari 2 Malam Gratis di Singapura

Juara II : Rp. 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) + Trophy Pemenang + Sertifikat

Juara III : Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) + Trophy Pemenang + Sertifikat

GYC juga masih membuka kesempatan bagi mahasiswa/i se-Indonesia untuk turut ambil bagian dalam kepanitiaan lomba bergengsi ini.

Untuk mahasiswa/i UI silahkan mendaftar menjadi salah satu bagian dari divisi kepanitiaan yang ada dan untuk mahasiswa/i di luar UI bisa menjadi ‘campus manager’ kami. Info lebih lanjut silahkan lihat di:

http://lktinasional2010.wordpress.com/2010/08/21/rekrutmen-panitia-lomba-karya-tulis-ilmiah-lkti-nasional-2010-pengembangan-jakarta-sebagai-water-front-city-berwawasan-lingkungan/

Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat di wesbite resmi kami:
http://lktinasional2010.wordpress.com/

Atau email kami di nomor:
jwfcitynasional@yahoo.co.id


LATAR BELAKANG

Perkembangan peradaban manusia banyak ditemukan di daerah pesisir. Hampir 60% dari penduduk dunia tinggal dalam radius 60 km dari pantai dan 2/3 kota-kota besar dunia terdapat di wilayah pesisir. Hal serupa juga terjadi di Indonesia.

Fakta di atas menunjukan bahwa daerah pesisir memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai pusat ekonomi, di tengah fungsi lainnya sebagai konservasi biota dan ekosistem pesisir dan laut.

Kemajuan pesat yang terjadi menjadikan kawasan pantai pun menjadi padat dan lahan yang tersedia semakin terbatas, seperti di Pantai Utara Jakarta.

Kebutuhan yang tinggi terhadap lahan untuk pemukiman dan kegiatan ekonomi di daerah Pantai Utara Jakarta membuat pengembangan kota Jakarta sebagai water front city menjadi sebuah solusi yang tidak bisa dielakkan.

Pengembangan dengan mode demikian sudah dilakukan sebelumnya di Singapura, Jepang dan Belanda untuk meningkatkan perekonomian nasional sehingga dapat bersaing dengan bangsa lain dalam menghadapi ketatnya persaingan global.

Namun, pengembangan demikian di kawasan Pantai Utara Jakarta justru berbuntut pada degradasi lingkungan, seperti rusaknya hutan mangrove di sekitar pantai sebab teknologi yang digunakan di Indonesia belum berwawasan lingkungan.

Oleh sebab itu, diperlukan inovasi/pemikiran baru dari seluruh mahasiswa/i baik program diploma maupun program sarjana dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia untuk memberikan alternatif teknologi pengembangan Jakarta sebagai water front city yang berwawasan lingkungan.

Acara ini juga diselenggarakan untuk memeriahkan program kampanye lingkungan melalui kegiatan bersepeda yang diadakan secara masal di kota Jakarta, GREEN FUN BIKE 2010.

TUJUAN

Menciptakan buah pemikiran baru atau inovasi teknologi pengembangan Pantai Utara Jakarta sebagai water front city: pusat ekonomi dan bisnis serta wilayah konservasi biota pesisir dan laut, dan tentunya kawasan wisata sekaligus sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).
Menyukseskan penghijauan lingkungan hidup dalam rangka pencegahan kepunahan sumber daya lingkungan dan pemanasan global di kawasan Pantai Utara Jakarta.
Menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyampaikan ide/gagasan tentang penghijauan di sekitar Pantai Utara Jakarta.

TEMA

Lomba Penulisan Karya Ilmiah ini berskala nasional dan bertemakan:

“Pengembangan Jakarta Water Front City yang Berwawasan Lingkungan”

Adapun sub tema perlombaan ini yaitu:

“Program pengembangan/penelitian teknologi reklamasi pantai untuk memberdayakan Pantai Utara Jakarta sebagai pusat ekonomi, sosial, budaya, wisata dan konservasi flora dan fauna di sekitar pesisir”

PESERTA LOMBA

Peserta Lomba adalah mahasiswa aktif jenjang D3 – S1/sederajat di PTN/PTS di Indonesia.
Karya ilmiah dapat ditulis secara perseorangan atau kelompok maksimal 3 orang yang berasal dari universitas/perguruan tinggi yang sama.

PROSEDUR PENULISAN

Penulisan karya ilmiah yang diharapkan adalah berupa sebuah penemuan gagasan/teknologi, hasil penelitian, pengembangan dari hasil sebelumnya, atau kegiatan yang bersifat aplikatif dan bukan normatif. Karya ilmiah harus dilengkapi dengan desain master plan penggunaan lahan melalui reklamasi pantai dari sebuah areal pantai di daerah Jakarta Utara.
Penulisan diketik dengan huruf ‘Times New Roman’ besar 12 pt jarak 1,5 spasi menggunakan kertas HVS A4 dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, ditulis minimal 15 halaman termasuk lampiran.
Penelitian ilmiah yang dikirim harus asli disertai 3 (tiga) rangkap salinan hardcopy dan softcopy (dalam CD), CV dan kartu tanda mahasiswa masing-masing penulis, formulir peserta, dan surat keterangan dari dekan masing-masing, dimasukan ke dalam amplop coklat bertuliskan “Lomba Karya Ilmiah Nasional Pengembangan Jakarta Water Front City yang Berwawasan Lingkungan 2010’ di pojok kiri atas.


SELEKSI PRESENTASI

10 karya ilmiah yang terpilih akan diumumkan di pertengahan bulan Oktober dan akan menjadi milik Panitia yang dapat disebarluaskan melalui media massa untuk kepentingan penelitian lanjutan maupun publikasi.
Para finalis/perwakilan tim akan diundang untuk mempresentasikan penelitian ilmiahnya, dengan membawa:
- Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
- Foto copy kartu mahasiswa sebanyak 3 lembar.
- Surat keterangan dari Dekan / Ketua Jurusan.
Para finalis diwajibkan membawa materi presentasi berupa lembaran transparan atau flasdisk/CD yang merupakan intisari hasil penelitian serta membawa contoh hasil penelitiannya maupun alat peraga hasil ciptaannya.
Para finalis yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur/mengundurkan diri.
Seluruh akomodasi dan transportasi peserta yang terpilih akan ditanggung oleh panitia. Biaya untuk keperluan pribadi bukan menjadi tanggung jawab panitia. Untuk yang mendaftar sebagai tim, hanya akan dipilih satu orang mewakili tim.

JADWAL KEGIATAN

1. Batas Penerimaan Karya Tulis : 3 Oktober 2010
2. Seleksi Substansi Karya Tulis : 4 Oktober – 11 Oktober 2010
3. Pengumuman Finalis : 11 Oktober 2010
4. Technical Meeting: 29 Oktober 2010
5. Seleksi Presentasi Karya Tulis Finalis dan Field Trip: 29-31 Oktober 2010
6. Pengumuman Pemenang dan Penyerahan Hadiah : Minggu, 31 Oktober 2010

HADIAH PEMENANG

- Setiap Finalis akan mendapatkan Piagam Penghargaan. Untuk peserta lomba yang tidak masuk ke dalam nominasi 10 finalis mendapatkan sertifikat peserta.

- Setiap finalis wajib mengikuti kunjungan studi (field trip) selama 3 (tiga) hari berturut-turut yang diakhiri dengan puncak acara green fun bike di Jakarta.

- Finalis yang terpilih sebagai pemenang terbaik I, II dan III akan diberikan penghargaan berupa Piagam Penghargaan, Trophy Pemenang dan Dana Pembinaan sesuai dengan peringkatnya, dengan rincian sebagai berikut (tentatif):

Juara I : Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) + Trophy Pemenang + Sertifikat + Tur 3 Hari 2 Malam di Singapura

Juara II : Rp. 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) + Trophy Pemenang + Sertifikat

Juara III : Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) + Trophy Pemenang + Sertifikat

LAIN-LAIN

1) Semua karya tulis yang masuk kepada panitia tidak akan dikembalikan.

2) Penilaian juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

3) Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi panitia ke email: jwfcitynasional@yahoo.co.id
atau hubungi: VICA - 08979590004
Terbuka: Semua isi dapat dibaca umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar