Cari Blog Ini

Jumat, 16 September 2011

Budaya Itu Indah

Indahnya Berbudaya....

Tarian Karo
(Gendang Guro-Guro Aron)
Budaya menunjukkan kualitas suatu bangsa. Bangsa yang besar haruslah menjunjung tinggi budaya leluhurnya. Budaya menunjukkan identitas. Dewasa ini, jika seseorang membahas mengenai budaya, banyak yang mengatakan bahwa budaya itu adalah kolot. Sungguh mengharukan, apalagi jika yang mengatakan tersebut adalah pemuda-pemudi negeri sendiri. Pemuda-pemudi adalah generasi penerus bangsa, sehingga jika kita saja selaku pemuda-pemudi tidak mau mengenal dan mengembangkan budaya itu sendiri sungguhlah keterlaluan.

Banyak di antara kita yang mengatakan bahwa budaya itu sulit, rumit, jadul. Tapi kenyataannya budaya itu indah. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang tertarik dengan kebudayaan kita. Mencintai budaya dapat diterapkan mulai saat dini pada anak-anak. Agar kelak mereka dapat berkembang menjadi generasi muda yang berbudaya.


Bagaimana caranya supaya budaya itu tetap melekat pada diri kita???
Dalam melakukan suatu hal, kita harus memulainya dengan mengenalinya. Pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang". Pepatah ini juga berlaku dalam berbudaya, bagaimana mungkin kita dapat mencintai budaya itu kalau kita saja tak mengenalinya. Layaknya pemuda-pemudi yang sedang jatuh cinta. Mengenal dahulu baru mencintai. itu harus kita terapkan dari sekarang.


Salah satu contoh hasil budaya adalah tarian, pakaian daerah, lagu daerah, rumah tradisional, alat musik, dan tidak lupa untuk bahasa daerah. Berpakaian daerah atau tradisional tidak akan merusak penampilan kita, justru akan menunjukkan keindahan dari si pemakainya. menggunakan bahasa daerah tidaklah "kampungan" justru dapat menambah pergaulan kita. mungkin jika kita berada di daerah lain, kita tidak memiliki saudara dekat, tetapi dengan menggunakan bahsa tersebut kita bisa menambah pergaulan kita dengan menggunakan bahasa daerah yang kita kuasai. Berbudaya tidak membuat kita terbelakang, justru akan mengangkat harga diri kita. Bukti dari ini semua dapat kita lihat dari ketertarikan orang asing untuk mempelajari serta meneliti budaya bangsa kita yang beragam. untuk itu jangan lupa utnuk mengembangkan budaya yang kita miliki, dan mari memperkayanya. Lestarikan budaya untuk kemajuan bangsamu!!! CINTAI BUDAYA BANGSA KITA!!!


1 komentar:

  1. Slots - Casino - JeWasmi - MPR Hub
    Looking 익산 출장샵 for 전주 출장샵 the latest Slots 제주 출장샵 news 계룡 출장마사지 and news and updates? View the 밀양 출장샵 latest Slot reviews and ratings by our experts at MPR Hub.

    BalasHapus